Mengatasi Anak Takut di Hari Pertama Sekolah

Alhamdulillah ya Bunda, si kecil sudah mulai masuk sekolah. Ayah dan Bunda pasti sangat senang melihat si kecil memakai seragam sekolah untuk pertama kalinya. Dalam hati bergumam "Nggak terasa anakku sudah besar, sudah bersekolah". Si kecil pasti kelihatan lebih manis, imut, dan menyenangkan. Ada yang masuk di PAUD, di TK/RA, atau di SD/MI. Semuanya tentunya bikin Ayah Bunda bahagia.
Saking bahagianya, nggak mengherankan ya kalau beranda medsos entah FB, twitter, BBM, instagram, atau pun yang lainnya dipenuhi dengan foto-foto si kecil bersekolah, jepretan Ayah atau Bunda. Melihatnya saja saya jadi ikutan seneng.
Tapi, sayang sekali, nggak sedikit yang kemudian rewel, takut, khawatir, menangis saat sampai di sekolah dan hendak ditinggal ayah/bundanya. Bunda nggak perlu bingung. Ini adalah hal yang wajar karena si kecil sedang menghadapi lingkungan yang baru.
Agar anak tidak terlalu rewel saat mendapati lingkungan barunya, yaitu sekolah; maka disarankan Melly, ada baiknya untuk memilih sekolah yang dekat dari rumah.
Dan point-point yang terpenting adalah
1. Jangan merusak “Mood” anak sejak bangun tidur, dengan memarahi atau membuat anak menangis.
2. Antarkan anak ke sekolah, ciptakan suasana yang menyenangkan saat di perjalanan ke sekolah.
3. Jika anak takut di tinggal, temani anak di dalam kelas, biasanya di hari pertama atau minggu pertama pihak sekolah mengijinkan orang tua masuk. Pelan-pelan Anda coba jaga jarak, dari duduk di samping, kemudian di belakang kelas, kemudian di luar kelas tapi pada posisi anak bisa melihat Anda. Sampai akhirnya anak Anda bisa menyesuaikan diri dan bisa di tinggal.
4. Jika pihak sekolah tidak mengijinkan masuk ke dalam, cukup antar anak sampai masuk kelas & Jemput sebelum anak keluar kelas.
5. Dan jangan lupa, ajak anak Anda berdo’a agar dia berani.
Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar