Asbabun Nuzul Q.S. At-Tatfif

Asbabun nuzul Q.S. At-Tatfif
Sumber: Tafsir showi jalalain
Zaman sebelum Rasulullah datang ke Madinah, masyarakat Madinah tidak teratur dalam melakukan timbangan. Mereka menambah atau mengurangi timbangan.
Lalu Allah menurunkan surat At-Tatfif.
Surat tatfif adalah surat yang pertama kali diturunkan di Madinah.
Semenjak turunnya surat At-Tatfif masyarakat Madinah sadar dan melakukan timbangan dengan baik dan benar.

Ancaman neraka wail diperuntukkan bagi orang yang suka menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain.
Keringat orang kelak ketika di padang Mahsyar tergantung pada ukurannya dalam mengurangi timbangan (merugikan orang lain).
Bila sedikit dalam mengurangi timbangan (merugikan orang lain) maka keringatnya sedikit, begitu juga sebaliknya. Ada yang hanya sampai dada, pinggang, lutut, namun ada yang hingga tenggelam dalam kubangan keringatnya sendiri karena terlalu banyaknya keringat yang ia keluarkan.

Kekuatan iman dengan amal baik itu saling berkaitan erat. Semakin kuat iman seseorang semakin ringan ia melaksanakan perintah-perintah Allah (kebaikan-kebaikan), terutama sholat jamaah, sholat tahajud, dan ngaji. Semakin istiqomah ia melaksanakan kebaikan-kebaikan itu maka semakin kuat imannya.

Buku amal orang-orang kafir berada di Sijjin. Sijjin adalah buku catatan amal yang ditutup rapat, yang terletak di bawah bumi lapisan ke tujuh, lapisan paling bawah. Tempatnya gelap gulita, dimana iblis dan keturunannya berada disitu.

Neraka wail diperuntukkan bagi orang yang tidak mempercayai adanya hari akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar